Tugas ICT Untuk Bisnis 2: Pengantar Komunikasi Bisnis

Selamat pagi! Wohooo selamat berkahir pekan ya! Hari minggu ditanggal 7 September 2014 ini gua pergunakan sebaik-baiknya untuk mengerjakan tugas Information Communication Technology Untuk Bisnis dari Ibu Ni Putu Nurwita Pratami Nigara. Jadi tugasnya gini, simple ajasih tugasnya yaitu cuma memposting catatan pada tanggal 2 September lalu ke dalam blog. Selamat membaca! Semoga ilmu yang gua posting bermanfaat :) Aamiin.



Tugas ICT Untuk Bisnis oleh:

Nama : Akhirul Annas
NPM  : 1502144233
Kelas  : KM-38-01

Telkom University
2014/2015

PENGANTAR KOMUNIKASI BISNIS 


     Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pengirim ke penerima. Unsur-unsur komunikasi adalah: 
  1. Pengirim pesan adalah individu atau orang yang mengirim pesan.
  2. Pesan adalah sesuatu yang disampaikan kepada pengirim dari penerima. Pesan dibagi menjadi dua yaitu: a. Pesan Verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata (tertulis dan lisan) 
                   b. Pesan Nonverbal adalah komunikasi yang tidak menggunaka kata-kata (gerak tubuh).
          3. Saluran atau media adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
          4. Penerima pesan adalah pihak yang menerima pesan. Istilahnya adalah khalayak, sasaran, komunikan,
              audience atau receiver.
          5. Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh
              penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
          6. Feedback atau timbal balik adalah salah satu bentuk daripada pengaruh yang berasal dari penerima.
          7. Lingkungan atau situasi ialah faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi.
              Faktor ini golongankan:
              a. Lingkungan fisik.
              b. Lingkungan sosial budaya.
              c. Lingkungan psikologis.
              d. Dimensi waktu.

    BENTUK KOMUNIKASI

        Komunikasi verbal ( verbal communication) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan. Contoh: komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media, contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain. 
         Komunikasi non verbal ( non verbal communication) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan. Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, pakaian sergam, warna dan intonasi suara.
    contoh : 

    a. Sentuhan:
      Sentuhan dapat termasuk: bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, sentuhan di punggung, mengelus-elus, pukulan, dan lain-lain.

    b.Gerakan tubuh:
       Dalam komunikasi nonverbal, kinesik atau gerakan tubuh meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frase, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan.

    c.Vokalik:
       Vokalik atau paralanguage adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain.

    d.Kronemik:
       Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu (punctuality).

    FUNGSI KOMUNIKASI

         Komunikasi berfungsi untuk menyatakan dan mendukung identitas diri untuk membangun kontak sosial dengan orang disekitar kita dan untuk mempengaruhi orang lain.
    SALURAN KOMUNIKASI
         1. Formal -> meliputi organisasi (membuat laporan keuangan).
         2. Informal -> meliputi individu antar individu atau kelompok.


    HAMBATAN KOMUNIKASI


         1. Antar Orang:
             a. Perbedaan persepsi dan bahasa.
             b. Pendengaran yang buruk.
             c. Gangguan emosional.
             d. Perbedaan budaya.
             e. Gangguan fisik.
         2. Orgaisasi
             a. Kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing.
             b. Penyaringan yang tidak tepat (telat).
             c. Iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai.


    CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI

    • Memelihara iklim komunikasi terbuka.
    • Bertekad memegang teguh etika komunikasi.
    • Memahami kesulitan komunikasi antar budaya.
    • Menggunakan pendekatan komunikasi yang terpusat pada penerima.
    • Menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi.
    • Memproses dan menciptakan pesan secara efektif dan efisien.

    PROSES KOMUNIKASI


         Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antar komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektf (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi banyak melalui perkembangan. Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesanuntuk mewujudkan motif komunikasi.
     (gambar proses komunikasi)

    PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI

    • Komunikasi tidak mungkin dihindari.
    • Sebagian besar komunikasi adalah non verbal.
    • Makna pesan terdapat pada orang bukan pada kata.
    • Komunikasi tidak dapat diubah.
    • Gangguan mempengaruhi komunikasi.
    • Komunikasi bersifat sekuler (netral).
    • Pentingnya menciptakan kesepakatan.
    • Konteks mempengaruhi komunikasi.
    • Komunikasi memiliki efek.
    KOMUNIKASI EFEKTIF
         Komunikasi dikatakan efektif apabila: "orang berhasil menyampaikan apa yang ingin disampaikannya".
        Hal -hal yang ditimbulakn komunikasi efektif adalah:
    •  Pengertian.
    • Kesenangan.
    • Pengaruh pada sikap.
    • Hubungan yang makin baik.
    • Tindakan.
    BENTUK KOMUNIKASI
    • Komunikasi oral.
    • Komunikasi tertulis.
    • Komunikasi persuasif. 
    • Komunikasi non-verbal.
    • Komunikasi antar personal.
    POLA KOMUNIKASI
         Pola komunikasi dapat dibagi menjadi 4, yaitu:
    1. Intrapersonal Communication -> komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri.
    2. Interpersonal Communication -> komunikasi yang dilakukan dengan orang lain.
    3. Small Group Communication  -> komunikasi yang terjadi dalam suatu kelompok kecil.
    4. Mass Communication             -> komunikasi yang terjadi dengan audience yang jumlahnya besar.
    TIPE JARINGAN DALAM KOMUNIKASI
    1. Chain Network adalah jaringan komunikasi dimana keseluruhannya berhubung antar satu dengan yang lainnya.
    2. Circle Network  adalah jaringan komunikasi yang terjadi dimana orang-orang itu berada dalam satu level yang sama. Contoh: antar staff SDM dan lain-lain.
    3. Wheel Network adalah jaringan komunikasi dimana ada satu orang mejadi intinyadan yang lain memberikan bahan. Contoh: head office & officer.
    4.  All Channel Network adalah jaringan komunikasi yang saling mengungkapkan pendapat dan orang-orang yang berada di dalamnya tidak memikirkan level demi mencapai suatu tujuan.
     

    Comments

    Popular posts from this blog

    Makalah Biologi: Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

    Puisi Anti Korupsi Universitas Telkom - Sadarkah Kita Selama Ini

    Tugas ICT Untuk Bisnis 5: Communications and Networks